Jangkrik Panggang Camilan Alternatif Kaya Nutrisi

Jangkrik Panggang Camilan Alternatif Kaya Nutrisi

Jangkrik Panggang Camilan Alternatif Kaya Nutrisi

Serangga nampaknya mulai dilirik sebagai bahan pangan alternatif yang kaya protein, zat besi, kalsium serta lemak. Serta hal semacam ini, nampaknya adalah kesempatan menarik buat orang-orang di Gunung Kidul. Dengan support satu diantara produsen makanan ringan dari negara Inggris, orang-orang disana meningkatkan atau menghasilkan bermacam olahan makanan ringan atau camilan dari jangkrik. Atau lebih tepatnya jangkrik panggang.

Untuk menarik customer, jangkrik panggang ini bahkan juga didatangkan dalam sebagian pilihan rasa, seperti rasa jeruk nipis serta cabai. Walaupun terdengar aneh, nyatanya makanan ringan enteng ini cukup popular serta menarik ketertarikan banyak customer.

Bila Anda tertarik untuk mencicipi jangkrik panggang, tak perlu jauh-jauh terbang ke Inggris, Anda dapat juga bikin sendiri jangkrik panggang, camilan alternatif kaya nutrisi yang murah serta sesuai sama lidah orang Indonesia ini.

Jangkrik Panggang Camilan Alternatif Kaya Nutrisi
Jangkrik Panggang Camilan Alternatif Kaya Nutrisi

Kandungan Nutrisi Jangkrik

Sebelumnya mulai bikin jangkrik panggang, sebaiknya Anda tahu terlebih dulu kandungan gizi jangkrik. Berikut ini penjelasannya.

Menurut riset dari Kampus HKBP Nommensen Porlak Nommensen, jangkrik mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari udang, daging sapi serta ayam, bahkan juga meraih 50, 02%.

Diluar itu, jangkrik baik untuk perkembangan anak lantaran memiliki kandungan protein omega 3, 6 serta 9 dan baik wanita lantaran memiliki kandungan hormon estrogen sejumlah 259, 535 ppm serta hormon progesteron sejumlah 105, 49 ppm.

Jangkrik berguna juga untuk tingkatkan stamina badan lantaran tiap-tiap gramnya dapat membuahkan daya sejumlah 4, 87 kalori.

Sesungguhnya ada banyak lagi kandungan dari jangkrik yang baik untuk badan seperti senyawa asam amino, glutation (GSH) serta kandungan yang lain yang butuh dikaji selanjutnya supaya jangkrik dapat digunakan dengan cara maksimal.

Langkah Bikin Jangkrik Panggang

Umumnya orang memakai larva serangga ataupun ulat sebagai bahan masakan. Namun, kesempatan ini kita bakal bikin makanan ringan dari serangga yaitu jangkrik hidup yang umumnya dapat Anda peroleh di kios penjual makanan burung.

Sebelumnya mulai memasak, terlebih dulu kita sediakan beberapa bahan yang diperlukan untuk bikin jangkrik panggang.

Bahan yang diperlukan :

a. Jangkrik yang masihlah hidup terlebih tentukan jangkrik yang bulunya belum tumbuh. Jangkrik umumnya di jual dalam unit ons, namun kesempatan ini cukup beli seharga Rp. 3000, – saja.

b. Garam atau penyedap rasa sesuai sama selera sebagai taburan penambah rasa sesudah jangkrik masak.

Sesudah beberapa bahan itu disediakan awalilah sistem pemrosesan bikin jangkrik panggang.

Langkah bikin jangkrik panggang :

1. Sebelumnya di proses, jangkrik mesti dibikin bersih terlebih dulu dengan buang kaki-kakinya. Anda dapat juga buang kakinya sesudah jangkrik dipanggang.

2. Jangkrik yang telah dibikin bersih lalu disusun diatas loyang serta atur supaya tak sama-sama tindih.

3. Panasi oven sampai suhu 200 derajat lalu panggang jangkrik yang sudah disediakan terlebih dulu. Panggang sepanjang 60 menit pada suhu rendah hingga jangkrik betul-betul kering atau crispy.

4. Sesudah 45 menit, buka oven untuk mengecek tingkat kekeringan jangkrik. Bila jangkrik masihlah tampak basah, masukan kembali kedalam oven serta panggang sampai betul-betul kering atau terlihat renyah.

5. Sesudah masak, mengeluarkan jangkrik serta dinginkan.

6. Bersihkan jangkrik dari kaki-kaki yang masihlah melekat (apabila ada) lalu simpanlah kedalam satu wadah.

7. Taburkan bumbu penyedap rasa atau garam kedalam wadah serta aduk sampai rata.

8. Nah, jangkrik panggang telah jadi serta siap disantap sembari minum teh atau sembari melihat acara tv kegemaran.

Sekian langkah bikin jangkrik panggang, makanan ringan alternatif kaya nutrisi yang murah serta gampang di buat oleh siapapun. Apakah anda ingin coba?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *