Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula

Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula

Langkah Ternak Jangkrik Untuk Pemula

Jangkrik yang bernama latin Gryllidae Sp., adalah kerabat dari belalang yang kerap dibudidayakan sebagai pakan burung serta ikan. Tak cuma untuk pakan burung, serangga bertemura khas ini dapat kerap di buat jadi makanan ringan lantaran populer mempunyai nutrisi yang tinggi.

Terkecuali jadi pakan burung atau makanan ringan, umumnya orang beternak jangkrik sebagai hewan aduan atau hewan koleksi lantaran suaranya diakui dapat mengusir tikus dirumah. Diluar itu, langkah beternak jangkrik yang gampang serta murah jadi argumen sebagian orang membudidayakan serangga ini dengan cara komersil.

Diluar itu, dari sisi ekonomi kesempatan beternak jangkrik cukup menjanjikan mengingat makin tingginya apresiasi orang-orang pelihara ikan, burung ataupun reptil. Bila Anda tertarik membudidayakan jangkrik, sebaiknya Anda memerhatikan penjelasan langkah ternak jangkrik untuk pemula di bawah ini.

Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula
Cara Ternak Jangkrik Bagi Pemula

Langkah Ternak Jangkrik

Walau beternak jangkrik termasuk gampang, tetapi bukanlah bermakna Anda dapat segera mengawalinya demikian saja terlebih untuk Anda yang masihlah pemula dalam bagian ini. Untuk mengawali membiakkan jangkrik sendiri, ikuti beberapa langkah persiapan langkah beternak jangkrik yaitu seperti berikut :

a. Lakukan Perencanaan

Seperti mengawali usaha di bagian yang lain, beternak jangkrik juga membutuhkan persiapan serta rencana, tak dapat asal mulai demikian saja.

Oleh karenanya, begitu dianjurkan untuk lakukan persiapan serta rencana terlebih dulu dari mulai perhitungan jumlah modal yang diperlukan, harga peralatan untuk bikin kandang, cost pembelian bibit, cost pembelian pakan, cost pemeliharaan serta yang tidak kalah utama pemilihan tempat pembudidayaan.

Sesudah semuanya hal itu disiapkan serta diperhitungkan, baru lalu berlanjut ke langkah selanjutnya yaitu menyiapkan kandang atau tempat pembudidayaan jangkrik.

b. Menyiapkan Tempat Kandang Jangkrik

Jangkrik, seperti gangsir, adalah hewan yang aktif pada malam hari. Oleh karenanya, tentukan tempat kandang yang teduh, bersikulasi hawa baik serta jauh dari keramaian atau hilir mudik orang.

Jauhi menempatkan kandang jangkrik di ruang yang banyak terserang cahaya matahari lantaran bakal mengganggu siklus perkembang biakan jangkrik.

c. Bikin Kandang Jangkrik

Kandang jangkrik tak mempunyai ukuran baku. Anda dapat bikin kandang jangkrik berupa persegi panjang dengan cara bersusun, memiliki ukuran panjang 120-200 cm, lebar 60-100 cm serta tinggi 30-50 cm atau memiliki ukuran tidak sama sesuai sama jumlah jangkrik yang akan dibudidayakan serta dana yang ada.

Untuk menghemat cost, pakai triplek atau kayu sebagai dinding kandang dengan kerangka terbuat dari kaso. Janganlah lupa untuk memberikan kaki penyangga dibagian bawah kandang yang di beri minyak atau oli untuk menghindar tikus, semut ataupun binatang yang lain masuk ke kandang.

Saat bikin kandang, berikan tempat persembunyian jangkrik dari daun-daunan seperti daun pisang atau daun sukun. Dinding kandang dapat juga di beri lumpur sawah supaya mengesankan seperti habitat aslinya.

Diluar itu, berikan susunan kain kasa di satu diantara dinding kandang untuk memperlancar aliran hawa serta melindungi kelembapan kandang. Supaya jangkrik tak merayap keluar kandang, baiknya lapisi sisi atas kandang dengan lakban.

d. Pilih Bibit Jangkrik Unggulan

Sesudah kandang jangkrik ada, saat ini waktunya Anda mempersiapkan bibit atau indukan jangkrik. Anda dapat beli bibit jangkrik ini di beberapa toko penyedia pakan burung, pembudidaya jangkrik lain atau mencari indukan jangkrik segera dari alam liar. Yang paling utama yaitu tentukan indukan yang sehat serta tampak agresif.

Terkecuali menyiapkan prasarana, janganlah lupa selalu untuk lakukan perawatan teratur serta memerhatikan pakan jangkrik supaya jangkrik dapat tumbuh maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *