Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir serta Kain Kasa

Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir serta Kain Kasa

Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir serta Kain Kasa

Mengembangbiakkan jangkrik bisa dikerjakan dengan sebagian jenis langkah. Salah satunya yang paling banyak diaplikasikan yaitu dengan memakai media pasir serta kain kasa. Ke-2 langkah tersebut sama biasanya dipakai oleh beberapa peternak jangkrik lantaran cukup gampang dikerjakan serta tak membutuhkan biaya yang mahal. Dalam artikel berikut ini, bakal dibahas tentang langkah peneluran jangkrik dengan media pasir serta kain kasa.

Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir serta Kain Kasa
Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir serta Kain Kasa

Peneluran Jangkrik Memakai Media Pasir

Diawali dari peneluran dengan media pasir, yang perlu di pastikan yaitu pasir atau tanah yang digunakan sebagai tempat menelurkan jangkrik mesti bersih. Ayak pasir terlebih dulu serta jemur sepanjang 2-3 hari sebelumnya pasir ditempatkan di kotak penangkaran. Masukan induk jangkrik yang siap bertelur dengan perbandingan jangkrik betina serta jangkrik jantan 3 : 1. Tiga jangkrik betina bakal dikawinkan dengan satu jangkrik jantan. Isilah kotak penangkaran dengan daun-daun kering seperti daun pisang, daun tebu atau daun jati. Daun-daun itu berfungsu sebagai tempat bersembunyi serta berlindung induk jangkrik.

Sesudah kotak penangkaran diisi induk jangkrik serta daun kering, masukan nampan plastik diisi pasir halus yang sudah bersih serta kering di tengah-tengah kotak. Jaga kelembaban pasir lewat cara disemprot spray tiap-tiap 2 hari. tahap selanjutnya yaitu mencermati tiap-tiap 2 atau 3 hari apakah telur-telur jangkrik telah menetas didalam nampan plastik serta ganti nampan diisi pasir dengan yang baru apabila telur terlihat penuh. Penelusuran ini dilalukan sambil menyortir induk jangkrik yang mati didalam kotak penangkaran.

Peneluran jangkrik ini selalu dikerjakan hingga nampan diisi telur jangkrik serta induk jangkrik semakin sedikit. Jika memang perlu, berikan induk jangkrik baru di hari ke-8 supaya bisa dibuat telur jangkrik yang semakin banyak untuk ditetaskan. Kerjakan hingga di rasa sudah didapat cukup banyak telur untuk ditetaskan.

Peneluran Jangkrik Memakai Media Kain Kasa

Untuk peternak yang menginginkan menghasilkan telur jangkrik dalam taraf besar, media kain kasa atau handuk begitu pas diaplikasikan lantaran bisa memprodusi telur jangkrik semakin banyak daripada media pasir. Keuntungan yang lain yaitu telur-telur jangkrik yang dibuat bersih dari noda pasir serta tanah hingga bisa segera ditimbang untuk di jual.

Pada umumnya, beberapa langkah menelurkan jangkrik memakai media kain kasa ini nyaris sama juga dengan memakai media pasir. Bedanya yaitu nampan plastik yang dimasukkan ke tengah-tengah kotak penangkaran yang sudah berisi daun-daun kering diisi kain kasa yang sudah dilipat berupa sisi empat. Lalu kain kasa itu disemprot dengan spray serta dibalut kain kasa lain dibagian luar nampan supaya posisi kain kasa tak rusak waktu dipakai induk jangkrik untuk bertelur.

Bila memakai media kain kasa, peternak mesti seringkali mencermati keadaan nampan plastik diisi kain kasa. Yakinkan kain kasa senantiasa dalam kondisi lembab, oleh karenanya senantiasa siaplah spray diisi semprotan kabut atau embun untuk melembabkan kain kasa.

Induk jangkrik yang sudah dikawinkan dengan jangkrik jantan bakal tempati media kain kasa itu untuk bertelur. Lantaran lebih lembut serta lembab, induk jangkrik bakal keluarkan telur semakin banyak pada media kain kasa itu. Apabila telur-telur jangkrik yang dibuat telah cukup banyak, ubahlah nampan plastik diisi media kain kasa dengan yang baru. Ambillah nampan plastik yang telah penuh diisi telur-telur jangkrik serta bebaskan balutan kain kasa di sekitaran nampan untuk mempermudah pengambilan telur jangkrik. Ketok-ketokkan nampan diisi kain kasa ke piring atau wadah lain untuk menyimpan telur-telur jangkrik yang siap ditimbang serta di jual.
Nah itu dia langkah peneluran jangkrik memakai media pasir serta media kain kasa. Selamat coba serta mudah-mudahan anda dapat berhasil dalam usaha budidaya jangkrik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *