Langkah Memanen Jangkrik yang Benar Supaya Tak Rugi

Langkah Memanen Jangkrik yang Benar Supaya Tak Rugi

Langkah Memanen Jangkrik yang Benar Supaya Tak Rugi

Pada jaman modern ini, kebutuhan akan jangkrik makin bertambah. Argumen berikut yang bikin beternak jangkrik jadi usaha dengan prospek yang cukup menjanjikan. Usaha ini dapat tak memerlukan modal yang sangat besar. Langkahnya beternak jangkrik juga tak susah, Anda cuma butuh sabar dalam pelihara serta menjaga jangkrik dari mulai pembibitan hingga jangkrik siap dipanen.

Saat panen yaitu saat yang paling ditunggu oleh beberapa peternak jangkrik. Walau terdengar gampang, kenyataannya memanen jangkrik mempunyai ketentuan serta langkah sendiri supaya nanti tak menyebabkan kerugian lantaran jangkrik mati atau stress (sakit) yang jadikan jangkrik tak berkwalitas. Oleh karenanya, supaya jangkrik tetaplah sehat serta berkwalitas tinggi, ikuti panduan memanen jangkrik yang baik serta benar di bawah ini.

Langkah Memanen Jangkrik yang Benar Supaya Tak Rugi
Langkah Memanen Jangkrik yang Benar Supaya Tak Rugi

Langkah memanen jangkrik yang baik serta benar

1. Saat yang pas untuk memanen jangkrik

Jangkrik bisa dipanen dalam 3 periode saat. Yakni waktu jangkrik telah dewasa, jangkrik pradewasa, serta telur jangkrik. Ketiga periode ini mempunyai keuntungan sendiri – sendiri. Misalnya bila memanen jangkrik dewasa, jadi keuntungannya semakin besar lantaran harga nya lebih tinggi. Tetapi kerugiannya peternak mesti menanti saat yang lebih lama supaya jangkrik dewasa benar – benar siap untuk dipanen.

Ke-2 jangkrik pra dewasa, pada periode ini keuntungan yang diperoleh yaitu saat tunggulah yang tidaklah terlalu lama bila dibanding pemanenan jangkrik dewasa. Paling akhir panen periode waktu masihlah berbentuk telur. Keuntungan periode ini yaitu waktunya yang demikian cepat lantaran tak perlu menanti jangkrik menetas.

Untuk estimasi saat, jangkrik dewasa baru dapat dipanen waktu usianya ada di kisaran 50 hingga 60 hari. Sedang jangkrik pra dewasa, bisa dipanen waktu umur mereka mencapai pada 40 hingga 50 hari. Ciri – ciri paling utama jangkrik yang telah siap panen yaitu sayapnya yang telah mengembang serta berperan dengan baik.

Untuk telur jangkrik, dapat dipanen dua hari sekali mulai sejak indukan mereka mati. Telur ini biasanya dipanen untuk di jual sebagai bibit jangkrik.

2. Langkah memanen jangkrik

Langkah panen jangkrik yang salah bisa mengakibatkan jangkrik stres serta sakit. Mengakibatkan mutu serta kwalitas jangkrik alami penurunan hingga susah saat di pasarkan nanti. Oleh karenanya berhati – hatilah saat memanen jangkrik.

Langkahnya cukup gampang. Tangkap jangkrik dari penangkaran satu persatu. Janganlah sangat menghimpit jangkrik itu saat menangkapnya lantaran hal semacam ini bisa bikin jangkrik sakit. Kemudian masukan jangkrik itu pada wadah yang sudah disiapkan (siapkan sisa tempat telur serta makanan jangkrik). Upayakan menempatkan jangkrik dalam wadah sesuai sama ukuran jangkrik itu.

Langkah tersebut bisa dipakai untuk memanen jangkrik dewasa ataupun pra dewasa.
Untuk telur jangkrik, langkahnya ambillah pasir diisi telur lalu tempatkan diatas saringan, kemudian siram air dengan cara perlahan-lahan untuk menyaring pasir. Sesudah cuma tersisa telurnya, tumpahkan telur itu pada kain putih bersih serta lantas bungkus dengan kemampuan spesifik.

3. Penangkaran sesaat jangkrik sebelumnya dipasarkan

Jangkrik yang telah dipanen belum pasti dapat segera di pasarkan. Karenanya, jangkrik mesti ditangkar terlebih dulu. Untuk jangkrik dewasa serta pra dewasa, Anda dapat menempatkannya didalam kotak memiliki ukuran 60 x 60 cm. Sedang untuk telur, Anda dapat menaruhnya pada kain putih yang di atasnya telah di beri pasir dengan kelembapan spesifik.
Itu dia langkah serta panduan memanen jangkrik dengan benar. Cermati tiap-tiap poin diatas supaya usaha ternak jangkrik Anda sukses, mudah-mudahan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *