Lantaran Jangkrik, Pria Ini Dapat Keuntungan Hingga Ratusan Juta Per Bulan.. Anda ingin?

Lantaran Jangkrik, Pria Ini Dapat Keuntungan Hingga Ratusan Juta Per Bulan.. Anda ingin?

Lantaran Jangkrik, Pria Ini Capai Beberapa ratus Juta Per Bulan.. Anda ingin?

Berhasil tak mesti lewat jalan sebagai karyawan kantoran. Hal semacam itu dibuktikan oleh seseorang lulusan tehnik pertanian Kampus Brawijaya Malang (UB) bernama Budi Utomo. Walau minim pengalaman, pria asal Tulungagung ini berhasil menunjukkan dengan kemauan serta kepercayaan dapat membuahkan beberapa ratus juta rupiah dari usaha budidaya jangkrik.

Usaha jangkrik bukan sekedar berikan keuntungan beberapa ratus juta rupiah namun juga membuatnya layak terima penghargaan Wiraswasta Muda Mandiri 2014 mewakili Jawa Timur.

Lantaran Jangkrik, Pria Ini Capai Beberapa ratus Juta Per Bulan.. Anda ingin?
Lantaran Jangkrik, Pria Ini Capai Beberapa ratus Juta Per Bulan.. Anda ingin?

Hoby Usaha Mulai sejak Kuliah

Dunia usaha tidaklah hal yang asing untuk Budi, mulai sejak kuliah di UB dia pernah jadi pemasok katering untuk acara universitas yang ia jalani sampai lulus kuliah. Bahkan juga Budi dapat membiayai kuliahnya dari hasil melakukan bisnis katering.

Makin lama, Budi juga mulai tertarik tekuni usaha serta mengambil keputusan untuk jadi entrepreneur sesudah lulus kuliah dari pada melanjutkan cita-citanya jadi insinyur.

Usaha yang ia rintis tidaklah pemasok katering seperti waktu kuliah tetapi budidaya jangkrik. Kenapa jangkrik? Budi menilainya jangkrik belum demikian banyak dibudidayakan di Tulungagung. Setiap saat pulang kampung, keluhan bakal minimnya supply jangkrik untuk pakan burung sering ia dengar dari beberapa peternak serta penjual burung.

Lihat kondisi itu, perasaan bisnisnya juga nampak. Budi lihat budidaya jangkrik sebagai kesempatan yang mengundang selera. Lantas awalilah ia meningkatkan usaha budidaya jangkrik dibawah nama Surya Jangkrik.

Bermula dari Satu Sepeda Motor

Walaupun telah memiliki pengalaman menggerakkan usaha terlebih dulu, sistem yang perlu dilewati untuk meningkatkan usaha jangkrik tidaklah gampang. masalah modal serta prasarana jadi satu diantara masalah yang perlu dihadapi pria asal desa Bakung Kidul, kecamatan Jamblang ini. Sampai pada akhirnya ia mengambil keputusan untuk jual sepeda motor kepunyaannya ditambah beberapa duit tabungan sebagai modal awal usaha sejumlah Rp. 7 jutaan.

Walau ke-2 orang tuanya pernah kecewa bakal pilihan budi, tetapi hal itu tidaklah menyurutkan semangatnya untuk melakukan bisnis jangkrik terlebih makin menyebabkan semangatnya untuk berhasil.

Bermula dari modal yang didapat dari jual sepeda motornya tersebut Budi mulai beli prasarana budidaya jangkrik seperti kandang dan bibit jangkrik seliring serta jangkrik alam. Bahkan juga kadang-kadang ai mesti mencari bibit jangkrik unggulan dari luar kota lantaran tak ada pembibitan serta peternakan jangkrik di Tulungagung.

Membangun Surya Jangkrik

Budi juga membangun usaha pembudayaan Surya Jangkrik dibawah naungan CV Surya Tani Pandansari pada 2010. Orang-orang sekitaran yang sebagian besar adalah bekas perajin batu bata, ia rekrut untuk membantunya.

Usaha pembudidayaan jangkrik kepunyaannya tidaklah jalan mulus. Dalam perjalanannya ada saja halangan yang perlu dia hadapi. Usia telur jangkrik yang pendek menyebabkan banyak telur jangkrik yang mati hingga Budi mesti menelan kerugian hingga belasan juta rupiah di th. pertama usahanya.

Tetapi, makin lama usahanya mulai membawa hasil. Surya Jangkrik saat ini jadi lokasi sentra budidaya jangkrik seluas 1 hektar serta bahkan juga paling besar di Tulungagung. Surya Jangkrik bukan sekedar pasarkan jangkrik ke beberapa toko pakan burung namun juga pasarkan telur jangkrik ke semua lokasi Indonesia.

Bukan sekedar fokus pada pembudidayaan jangkrik, Budi juga buka kursus serta workshop pembudidayaan jangkrik untuk orang-orang yang tertarik pada usaha ini.

Capai Keuntungan Sampai Beberapa ratus Juta per Bulan

Dengan harga jual jangkrik sebesar Rp. 45. 000-Rp. 50. 000 per kilo dan telur seharga Rp. 200. 000-Rp. 400. 000 per kilonya, dalam satu hari, Budi dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp 15 jutaan. Bila dihitung-hitung, dalam satu bulan Budi dapat memperoleh omzet sampai Rp. 500 jutaan.

Budi juga tak lalu berpuas diri, saat ini usahanya mulai merambah ke bagian makanan ringan memiliki bahan baku jangkrik seperti kerupuk jangkrik memiliki loabel Cricket Chips. Kerupuk yang di jual seharga Rp. 25. 000 per bungkusnya ini pasti bikin keuntungan yang didapat makin berlipat.

Siapa yang menganggap bila seseorang yg tidak mempunyai latar belakang pengetahuan peternakan dapat berhasil serta membuahkan keuntungan yang demikian besarnya. Bagaimana, sesudah lihat cerita berhasil diatas, apakah Anda tertarik untuk turut melakukan bisnis jangkrik ?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *