Ketahui tanda Telur Jangkrik Yang Berkwalitas Supaya Terlepas Dari Kerugian

Ketahui tanda Telur Jangkrik Yang Berkwalitas Supaya Terlepas Dari Kerugian

Ketahui tanda Telur Jangkrik Yang Berkwalitas Supaya Terlepas Dari Kerugian

Budidaya jangkrik nampaknya jadi kesempatan usaha yang mengundang selera. Peternak jangkrik bukan sekedar menuai keuntungan dari penjualan jangkrik dewasa sebagai pakan burung atau ikan saja, namun dapat juga peroleh keuntungan dari jual telur jangkrik ke peternak yang lain.

Di pasaran, untuk tiap-tiap kg telur jangkrik kalung dapat dihargai sampai Rp. 200 ribu. Sedang tiap-tiap kg telur jangkrik alam atau sliring dapat dihargai sampai Rp. 300 ribu. Keuntungan yang besar tersebut yang mendorong beberapa orang mulai melirik usaha budidaya jangkrik.

Bila Anda akan beli atau pilih telur jangkrik, terlebih dulu ketahui tanda-tanda telur jangkrik yang berkwalitas baik. Telur jangkrik yang berkwalitas bagus, umumnya dapat dikenali dari warna, bentuk ataupun usia telur itu.

Ketahui tanda Telur Jangkrik Yang Berkwalitas Supaya Terlepas Dari Kerugian
Ketahui tanda Telur Jangkrik Yang Berkwalitas Supaya Terlepas Dari Kerugian

Tanda-tanda Telur Jangkrik yang Berkwalitas Baik

1. Warna telur jangkrik berkwalitas baik

Telur jangkrik yang berkwalitas baik serta masihlah berusia 6 sampai 7 hari, dapat dikenali dari warnanya yang cerah, putih atau kuning serta agak mengkilat.
Sedang telur yang berkwalitas bagus serta siap ditetaskan atau ada dalam kondisi tua, bakal berwarna kecoklatan serta mempunyai tampilan mirip titik mata didalam telur.

Bila telur jangkrik terlihat kusam serta berwarna kehitaman, hal semacam itu mengisyaratkan kalau telur itu berkwalitas jelek.

2. Bentuk telur jangkrik yang berkualitas

Telur yang berkwalitas juga bagus dapat diliat dari bentuk serta ukurannya. Telur jangkrik yang berkembang dengan baik serta ada dalam umur yang cukup saat dipisahkan dari media pasir, mempunyai bentuk bulat memanjang dengan ujung telur yang tumpul. Dalam satu wadah, ukurannya juga terlihat seragam, gemuk serta diisi.

Hindari memilih telur yang terlihat kempis serta mempunyai ukuran tidak sama, lantaran dapat disebutkan telur itu mutunya kurang bagus.

Sedang telur yang masihlah berupa lancip mengisyaratkan kalau telur itu belum cukup masak saat dipisahkan dari pasir. Telur yang belum masak umumnya membutuhkan perlakuan spesial seperti diperamkan sepanjang 3 sampai 5 hari untuk mematangkan telur itu.

3. Umur telur jangkrik yang baik

Lantaran telur yang masihlah muda belum ada berbentuk yang maksimal, kadang-kadang peternak ataupun konsumen telur jangkrik merasa kesusahan untuk membedakan pada telur yang berkwalitas baik serta jelek.

Satu diantara langkah untuk membedakannya yaitu dengan mencermati umur telur itu sejak di keluarkan dari induknya. Telur yang ada dalam kondisi maksimal untuk ditetaskan yaitu telur yang berusia 8 hari mulai sejak jangkrik itu bertelur.

Bila akan kirim telur itu ke konsumen diluar kota, baiknya pertimbangkan juga lamanya perjalanan supaya telur yang di kirim tidaklah terlalu muda namun juga tidaklah terlalu tua. Telur yang masihlah sangat muda saat di kirim, mengakibatkan saat penetasan jadi lebih lama. Sedang telur yang sangat tua mengakibatkan daya tetas juga alami penurunan serta rawan menetas di perjalanan.

Untuk pengiriman jarak jauh, baiknya tentukan telur yang masihlah berumur 5 sampai 6 hari dengan estimasi lamanya perjalanan 3 hari. Bila jarak tempat konsumen cuma berselang 24 jam, Anda dapat pilih telur jangkrik yang telah mempunyai titik mata di ujung telur serta berumur 7 sampai 8 hari.

Tersebut sebagian ciri telur jangkrik yang berkwalitas baik. Ketahui tanda-tanda itu saat mencermati serta pilih telur jangkrik dan gabungkan dengan langkah penetasan yang pas, supaya telur dapat menetas dengan prima hingga Anda terlepas dari kerugian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *