Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

Dalam beternak jangkrik, sudah pasti diperlukan kotak – kotak penampungan yang dipakai untuk pelihara jangkrik. Kotak ini juga mesti dibedakan pada penetasan, pembesaran serta penangkarannya. Lantaran bila semua dikumpulkan, pengembangbiakan jangkrik bakal tidak berhasil lantaran jangkrik mempunyai karakter kanibalisme di mana jangkrik besar dapat mengonsumsi jangkrik yang lebih kecil.

Untuk bikin kotak penetasan ini dapat tidaklah sulit. Anda cuma cukup sediakan media pengembang biakan serta makanan yang diperlukan untuk jangkrik. Untuk lebih detilnya, simak keterangan berikut ini.

Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik
Kotak Penetasan, Kotak Pembesaran, serta Kotak Penangkaran Jangkrik

1. Kotak penetasan jangkrik

Kotak penetasan jangkrik yaitu kotak yang dipakai untuk menetaskan telur – telur jangkrik yang di produksi oleh induk jangkrik. Dalam sistem penelurannya, anda dapat memakai cara tradisional dengan segera mengawinkan jangkrik didalam kotak, atau dapat dengan juga cara tabur.

Dalam kotak penetasan ini, upayakan untuk membuatnya dalam ukuran besar. Seumpamanya dapat menyimpan sampai 80000 jangkrik. Sterilkan dari masalah serangga lain terlebih semut yang sukai mengonsumsi telur jangkrik.

Sepanjang sistem penetasan, senantiasa cermati kelembapan serta suhu media dalam kotak penetasan. Waktu media mulai jadi kering, semprot dengan kabut air dengan cara lembut. Kelembapan yang diperlukan untuk telur jangkrik supaya menetas yaitu 65-80%, sedang suhunya pada 24-26%. (Langkah paling baru : anda bungkus telur jangkrik dengan kain serta simpan di dalam kotak kandang jangkrik untuk melindungi kelembapan telur hingga hasil penetasan nya optimal)

2. Kotak pembesaran

Sesudah telur – telur jangkrik menetas, pastinya anak jangkri itu butuh di besarkan. Nah, untuk membesarkannya, kita membutuhkan kotak sendiri atau yang umum dimaksud dengan kotak pembesaran.

Untuk kotak pembesaran, baiknya buat sebagian kotak untuk di isi jangkrik sesuai sama umurnya. Jadi tiap-tiap jangkrik meraih usia spesifik, mereka bakal dipindahkan ke kotak yang semakin besar. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya jangkrik yang besar tak mengonsumsi saudaranya yang lebih kecil.

Idealnya, kotak pembesaran sekurang-kurangnya mempunyai lebar 240 cm, panjang 120 cm, serta tinggi 100 cm. Dengan ukuran ini, kotak dapat menyimpan 70000 sampai 100000 ekor jangkrik. (bila dikalkulasi 1000 ekor sama juga dengan 1 kg)

Jangkrik yang disimpan di kotak pembesarannya ini baiknya jangkrik yang berumur dibawah 30 hari. Diatas itu, jangkrik mesti selekasnya dipindahkan ke kotak penangkaran lebih luas serta dengan ventilasi hawa lebih lebar. Janganlah lupa juga selalu untuk berikan konsumsi makanan yang cukup pada kotak pembesaran lantaran anak jangkrik riskan mati bila tengah kelaparan.

3. Kotak Penangkaran

Kotak penangkaran yaitu tempat di mana jangkrik ditangkar serta dipelihara sebelumnya di jual atau diberikan pada hewan peliharaan. Untuk kotak ini, sesungguhnya cukup fleksibel. Tak ada ketentuan baku mengenai ukuran, dsb. Yang utama luas serta cukup untuk pelihara banyak jangkrik, serta mempunyai ventilasi yang lebar untuk jangkrik.

Desainnya juga dapat sesuai dengan selera serta ekonomi anda. Ada kotak yang disusun dengan cara horizontal, bertingkat, maupun berjajar. Anda dapat juga mendesain kotak penangkaran ini supaya gampang dipindahkan.

Ada juga bahan – bahan yang dibutuhkan untuk bikin kotak penangkaran diantaranya kayu dengan ketebalan spesifik, papan triplek, kasa strimin (untuk ventilasi), kayu usuk, paku triples, oli sisa atau dapat pula memakai minyak tanah, cawan (untuk wadah oli).

Untuk membuatnya, anda membutuhkan perlengkapan seperti berikut, Gergaji untuk memotong kayu serta tripleks sesuai sama ukuran, meteran untuk mengukur kayu, triplek, dan kasa, penggaris untuk bikin sketsa pemotongan pada kayu serta triplek, palu, gunting untuk memotong kasa, pensil atau spidol untuk berikan sinyal pada kayu serta triplek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *