Tips Membedakan Jenis Jangkrik Alam / Madu / Sliring dengan Jangkrik Kalung / Genggong

Tips Membedakan Jenis Jangkrik Alam / Madu / Sliring dengan Jangkrik Kalung / Genggong

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=iDWk2F18r3M]

Jangkrik yang sering kali di perjual belikan di pasaran saat ini sebenarnya hanya ada 2 jenis. Yakni jenis Jangkrik Alam dan Jangkrik Kalung. Hanya saja, penyebutan jenis kedua jangkrik itu berbeda – beda di setiap daerahnya.

Untuk jenis jangkrik Alam nama lainnya adalah madu, sliring, karet dan alas. Sedangkan untuk Jangkrik jenis Kalung, bisa juga disebut dengan Jangkrik Genggong.

Berikut adalah ciri – ciri yang dimiliki oleh kedua jenis jangkrik tersebut agar anda lebih mudah untuk membedakannya.

1. Jenis jangkrik alam / madu / seliring / alas : bentuk tubuhnya lebih kecil dan panjang. Tidak banyak mengandung air. jenis jangkrik alam / seliring kebanyakan tersebar di wilayah jawa bagian barat dan sumatera. Umur jenis jangkrik alam lebih lama yaitu sekitar 40-55 hari masa panen dan warna nya coklat kekuningan.

2. Jenis jangkrik kalung / genggong : merupakan jangkrik yang paling sering kita jumpai, persebaran nya hampir diseluruh indonesia. Bentuk tubuh jangkrik kalung lebih besar dan lebih bobot dari pada jangkrik alam, dan mengandung lebih banyak air. Masa panen jangkrik ini sekitar 30 harian dan warna nya hitam.

Selain kedua jenis jangkrik diatas, ada beberapa jenis jangkrik lain sebenarnya, namun sangat jarang bisa kita jumpai pasaran. Jenis jangkrik tersebut yakni diantaranya jangkrik gangsir , jangkrik upo dan jangkrik terek.

Jangkrik gangsir yaitu jangkrik yang ukuran nya sangat besar, yang biasanya buat pesembunyian berupa lubang kecil yang lumayan dalam. Jangkrik upo yaitu jangkrik yang ukuran nya sangat kecil. Jangkrik terek yaitu yang ukuran nya sama seperti jangkrik kalung, alam, sliring cuma berbeda di suara ngerik nya dan jenis jangkrik ini mudah sekali terbang juga mempunyai bisa untuk melindungi diri. Jenis jenis jangkrik ini tidak ada di pasaran adanya di alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *