085646415014
085646415014
085646415014
5A279C09

Tips Cara Pembuatan Box Kotak Kandang Jangkrik

Tips Cara Pembuatan Box Kotak Kandang Jangkrik

Dalam usaha ternak jangkrik, ada beberp hal yang perlu anda perhatikan. Salah satu diantaranya adalah box / kotak kandang jangkrik. Untuk pembuatan box / kotak penangkaran jangkrik ini anda hanya membutuhkan triplek / fly wood dan kayu – kayu kecil ( reng ) sebagai penyanggnya.

Ukuran kotak penangkaran jangkrik yang standar adalah ukuran P 240 x L 120 x T 60 cm. Diatambah kaki – kaki kotak setinggi 20cm, jadi, total tinggi box adalah 80 cm. Kotak dengan ukuran ini nantinyakan akan menampung jangkrik setidaknya 1/2 kg bibit jangkrik pada masing – masing box. Usahakan jangan terlalu banyak kapasitas jangkrik dalam satu box. Hal ini akan menyebabkan perkembangan jangkrik menjadi terganggu.

Setelah anda berhasil menyusun triplek ( fly wood ) dan kayu – kayu kecil tersebut menjadi sebuah box, anda perlu melakukan finishing. Untuk melakukan finishing ini, anda perlu menyiapkan semen untuk menutupi lubang – lubang yang ada pada bagian pinggir – pinggir box. Hal ini nantinya berfungsi agar anakan jangkrik tidak keluar melalui celah – celah box.

Selain melapisi celah box menggunakan semen, anda juga perlu merekatkan lakban ( selotip ) pada bagian atas box untuk mencegah agar jangkrik tidak bisa naik dan keluar dari box.

Selanjutnya, siapkan cairan oli bekas yang di letakkan madu mangkuk – mangkuk plastik ( bisa juga bekas botol air mineral yang telah dipotong ). Cairan ini berfungsi untuk mencegah hama naik dan memasuki box.

 

Incoming search terms:

tags: , , ,

Artikel lain Tips Cara Pembuatan Box Kotak Kandang Jangkrik